Pages

Kamis, 27 September 2012

Bumi


Bumi adalah planet batu terbesar. Bumi adalah planet yang tiada duanya di dalam tata surya karena menjadi tempat yang sangat basah dan penuh dengan kehidupan. Wajah bumi juga telah banyak berubah sejak lahir 4,6 miliar tahun silam, dan terus berubah.

Planet Bumi

Sekitar dua pertiga permukaan bumi ditutupi air. Sebagian besar air berada dalam keadaan cair. Di kutub, air ditemukan dalam wujud es. Permukaan bumi yang tak ditutupi air tersusun dari massa daratan yang disebut benua. Air dan daratan terletak di atas lapisan batuan  terluar bumi yang disebut kerak. Kerak terbagi menjadi beberapa lempeng batuan: delapan berukuran raksasa dan sisanya berukuran kecil. Kerak sendiri ditopang oleh lapisan mantel panas, yang terdiri dari batuan leleh. Lempeng-lempeng kerak bergerak mengapung di atas batuan leleh dan membawa banyak perubahan pada bentang alam bumi. Ketika dua lempeng berhadapan dan saling berdesakan, massa hasil pertemuan kedua lempeng akan terangkat dan terbentuklah pegunungan. Di bawah laut, ketika lempeng-lempeng bergerak saling menjauh, batuan leleh bergerak naik di sela-selanya dan membentuk punggung perbukitan bawah laut. Batuan leleh juga memuntahkan keluar dari gunung api dan mengalir ke daratan sekitar.

Bumi diselimuti oleh atmosfer yang terdiri dari 78% nitrogen dan 21% oksigen. Atmosfer menyediakan udara yang kita hirup, dan melindungi kita dari radiasi berbahaya yang datang dari matahari dan antariksa. Atmosfer memungkinkan cahaya matahari menerobos masuk dan membantu mengendalikan suhu lingkungan. Air diserap di lapisan atmosfer bawah, yang mengembun menjadi awan dan jatuh kembali ke permukaan bumi dalam bentuk hujan atau salju. Air dan angin juga membawa dampak perubahan bagi bentang alam sekitar, mereka mengikis dan membentuk rupa alam.

Edaran Dan Pusaran

Bumi membutuhkan waktu 365,25 hari untuk menyelesaikan satu edaran (orbit) penuh mengelilingi matahari. Ketika bergerak di sepanjang garis edarnya, bumi juga berpusar di sekitar sumbunya sendiri. Satu kali pusaran memakan waktu 23,9 jam. Bulan mendampingi bumi dalam perjalanannya mengitari matahari, sambil mengedari bumi pada jarak rata-rata 384.400 km. kita memakai jarak rata-rata karena lintasan edar bulan berbentuk elips.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar